Workshop Penulisan Artikel Ilmiah Bereputasi Nasional dan Internasional bagi Dosen dan Mahasiswa Pascasarjana

Kegiatan workshop penulisan artikel ilmiah bereputasi nasional dan internasional bagi Dosen dan Mahasiwa Pascasarjana telah dilaksanakan dan berjalan dengan baik. Workshop ini merupakan kegiatan Hibah Peningkatan Mutu Program Studi LP3M Unila. Acara diadakan pada Tanggal 13 Oktober 2017 untuk mahasiwa pasca dan 26 Oktober 2017 untuk dosen yang bertempat di ruang rapat Jurusan Agribisnis. Total peserta yang hadir pada kegiatan ini merupakan berjumlah 52 orang terdiri dari 26 orang mahasiswa pasca dan 26 orang dosen.

Kegiatan workshop dibuka langsung oleh Ketua Program Studi Magister Agribisnis Prof. Dr. Ir. Wan Abbas Zakaria, M.S. Sambutan disampaikan oleh Ketua Jurusan Agribisnis Unila dan Ketua PS Magister Agribisnis.

Ketua PS dalam sambutannya pada workhsop untuk dosen menyampaikan bahwa dengan adanya workshop ini diharapkan akan banyak dihasilkan artikel ilmiah yang bereputasi sehingga memudahkan dosen untuk mempublikasikan tulisannya dalam jurnal berputasi baik pada jurnal nasional maupun internasional. Sedangkan untuk mahasiswa dapat memacu mahasiswa pascasarjana menghasilkan karya tulis ilmiah yang baik sehingga dapat mempercepat masa studi mahasiswa dan berdampak mengurangi masa mukim.

Narasumber utama dalam kegiatan workshop untuk dosen adalah Prof. Dr. Ir. Bustanul Arifin, M.Sc yang merupakan Dosen pada Jurusan agribinis Universitas Lampung dan telah memiliki jurnal yang ber-index scopus dan jumlah sitasi dari artikel yang dimiliki cukup tinggi. Narasumber menyampaikan materi dengan tema “Kiat Menulis untuk Jurnal Ilmiah”.  Materi workshop yang ditekankan adalah penulis harus memahami substansi yang akan ditulis sehingga akan terlihat dalam tulisannya jika  penulis menguasai materi tulisan. Terbatasnya jumlah halaman mengharuskan penulis dapat menyampaikan hasil penelitiannya dengan baik  dan menarik. Umumnya sistematika dalam penulisan jurnal meliputi pendahuluan, tujuan, metodologi, hasil pembahasan, dan kesimpulan dan saran.

Sebagai narasumber dalam kegiatan workshop penulisan artikel ilmiah untuk mahasiswa pascasarjana adalah Prof. Dr. Lindrianasari yang merupakan dosen dari Jurusan Akuntansi. Narasumber dikenal dengan tulisan-tulisannya pada publikasi-publikasi bereputasi baik nasional dan internasional baik dalam prosiding maupun jurnal. Pada kesempatan ini narasumber menyampaikan materi dengan tema “Kiat-Kiat Menulis Karya Ilmiah Untuk Publikasi”.  Fokus utama dari materi yang disampaikan adalah bagaimana menentukan ide penelitian, selanjutnya menemukan teori yang sesuai, penelitian terdahulu dan metodologi yang mendukung penelitian. Selain itu, materi yang disampaikan juga mengenai bagaimana mempublikasikan artikel ilmiah.

Kegiatan ini diharapkan menghasilkan beberapa output sebagai berikut:

  1. Dosen dan mahasiswa pascasarjana dapat memahami cara penyajian hasil penelitian dengan baik
  2. Dosen dan mahasiswa pascasarjana dapat memahami cara menuliskan artikel ilmiah dengan baik yang dapat diterima pada jurnal yang bereputasi nasional maupun internasional
Design Downloaded from free wordpress themes | free website templates | Free Web Icons.