SHOPPING LITERATURE

Literatur atau pustaka merupakan hal penting dalam suatu karya tulis ilmiah.  Pustaka yang baik menunjukkan kualitas dari sebuah tulisan ilmiah. Tanpa pustaka yang baik sulit bagi sebuah karya tulis ilmiah untuk dipublikasikan pada jurnal bereputasi baik nasional maupun internasional.  Mengingat pentingnya sebuah pustaka dalam artikel ilmiah khususnya dalam sebuah tesis sehingga pada hari sabtu tanggal 24 Februari 2018 diadakannya kegiatan bagaimana mencari pustaka yang baik dan tepat atau shopping literature bagi mahasiswa PS Magister Agribisnis.

Kegiatan ini dihadiri oleh mahasiswa PS Magister Agribisnis yang sedang menulis tesis dan juga mengambil mata kuliah metode penelitian. Sebagai narasumber pada kegiatan ini adalah Muhammad Ibnu, Ph.D. Beliau merupakan doktor lulusan Belanda yang telah memiliki pengalaman dalam menulis artikel ilmiah yang dipublikasikan pada jurnal terindeks scopus. Narasumber pada kesempatan awal berbagi pengalaman bagaimana beliau menyelesaikan studinya di luar negeri khususnya mengenai cara menulis artikel yang menarik dan dapat diterima di jurnal bereputasi internasional.

Selanjutnya, bagian inti kegiatan ini adalah cara mencari pustaka untuk keperluan penulisan artikel ilmiah. Narasumber memfokuskan materi mengenai (1) tujuan/fungsi pencarian literatur, (2) struktur literatur akademik, (3) strategi pencarian, dan (4) review literatur.  Inti dari shopping literature adalah tidak ada lagi cara selain mencari, mencari, mencari, dan baca, baca dan baca.

Design Downloaded from free wordpress themes | free website templates | Free Web Icons.